naturindonesia.com

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Membuat Torakur Manisan Tomat Rasa Kurma

 

Puasa dan Lebaran hampir tiba,, pasti sudah jadi kebiasaan bagi kita untuk menyajikan menu makanan khusus saat berbuka puasa, sahur, ataupun saat lebaran tiba.
yup buah Kurma, Kurma memang sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama keberadaannya yang sangat banyak dan melimpah saat menjelang lebaran.
Untuk menghemat pengeluaran selama lebaran, kita bisa membuat sendiri lho manisan rasa kurma yang berasal dari olahan tomat.
Nah, Tempat Online Ku kali ini akan berbagi pengetahuan tentang olahan buah tomat. yaitu, bagaimana cara membuat Manisan Tomat Rasa Kurma yang biasa disingkat Torakur atau Torako.

dan yang perlu disiapkan adalah:

Bahan-bahan:
1. 1000 gr tomat merah
2. 200 gr gula pasir
3. 1 sdt kapur sirih, larutkan dalam air

Cara membuat:
1. Cuci bersih tomat yang sudah disiapkan, lalu rendam tomat selama 2 jam kedalam kapur sirih yang sudah dilarutkan ke dalam air.
2. Letakkan tomat di telapak tangan, tekan dengan ke dua tangan sampai biji tomat keluar, setelah itu cuci tomat dengan air bersih.
3. Taruh dan susun tomat ke dalam panci, setelah itu taburkan gula pasir ke atasnya. Lalu tutup dan diamkan semalaman hingga keluar air.
4. Masak tomat dengan api kecil, tunggu hingga air habis dan mengering tapi jangan sampai gosong, angkat dan tunggu hingga dingin.
5. Ambil tomat satu per satu dan bentuk seperti kurma, dan taruh diatas loyang dan rapikan.
6. Jemur tomat dengan menggunakan terik matahari selama 3 s/d 4 hari hingga kering dan terlihat seperti kurma.

penyajian Untuk 200 gr Torakur

Tips :
1. Pilih tomat merah yang belum terlalu matang (masih agak keras) dengan ukuran sedang dan sama besar.
2. Saat menjemur di bawah terik matahari, jangan lupa ditutup dengan daun pisang atau nyiru, untuk menghindari debu dan binatang yang tidak diinginkan.

 

Sumber:  tempatonlineku.blogspot.com

 

 

Free Logo Maker and Logo Design By LogoSnap.com
Logo Maker
Loading
free counters
Free counters

Website saya nilaiRp 40.88 Juta