Baglog Jamur Tiram Putih

Jaminan tumbuh 100%

 

Saat ini terdapat banyak penjual baglog Jamur Tiram Putih. Apakah anda memperhatikan secara seksama kualitas, jaminan dan layanannya? Rata-rata penjual baglog Jamur Tiram Putih mengirim baglog-baglog masih belum ditumbuhi misellium dan hanya memberi jaminan 90%. Artinya, jika anda membeli 10.000 baglog jumlah kegagalannya 1.000 buah baglog. Wah besar juga yah 1.000 baglog! Ada yang memberi kelebihan dari jumlah pembelian baglog untuk antisipasi penggantian baglog yang akan gagal atau berjanji akan menukar jika ada yang rusak. Semua itu merugikan sipembeli? Kenapa?

 

Alasan-alasan kerugian sipembeli:

  Menambah pekerjaan untuk mengganti posisi baglog berdiri (saat belum ditumbuhi misellium, supaya air turun ke bawah dan misellium menyebar merata ke bawah) ke posisi tidur (setelah ditumbuhi misellium, untuk memudahkan panen). Bagaimana jika anda mempunyai 10.000 baglog? Perlu berapa lama untuk mengubah posisi? Jika kita menerima baglog yang sudah ditumbuhi misellium hanya perlu menyusun posisi tidur saja, jadi hemat tenaga dan biaya.

  Menyita waktu dan tempat untuk menukar baglog yang gagal

  Menyita waktu untuk menunggu tumbuh misellium, berarti menambah biaya perawatan (tenaga kerja, air dll)/sewa tempat.

  Merusak pemandangan, dengan adanya baglog-baglog yang gagal, pemandangan di kumbung kita menjadi tidak nyaman.

Untuk itu Agro Sugih Makmur memberikan jaminan tumbuh 100% bukan 90%. Bagaimana maksudnya? Agro Sugih Makmur akan mengirimkan baglog yang sudah tumbuh miselium (ditandai dengan warna putih) minimal sekitar 1/3 tubuh baglog. Jika masih ada yang gagal akan diganti, walaupun yang gagal hanya 1 baglog saja. Dengan adanya jaminan 100%, hitungan keuntungan anda sudah dapat diprediksi secara tepat dan cepat. Biaya perawatan selama 1 bulan bisa dipangkas, karenanya anda hanya tinggal menunggu Jamur Tiram Putih tumbuh dan mekar. Anda juga akan mendapatkan konsultasi secara gratis. Praktis bukan? Bagaimana dengan pemasaran? Jika anda kesulitan dengan pemasaran, Agro Sugih Makmur siap menampung produksi mitra binaan.

Secara ringkas keuntungan membeli baglog Jamur Tiram Putih di Agro Sugih Makmur adalah sebagi berikut:

• Jaminan tumbuh misellium 100%

• Hemat biaya perawatan/sewa

• Konsultasi gratis

• Berat baglog +- 1,4 kg, tidak seperti yang lain yang beratnya hanya 900 gram

• Jaminan pemasaran

 

Kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan pembaca. Jika ada pertanyaan baru akan ditambahkan ke dalam tulisan ini.

Kumbung

Berapa suhu dan kelembaban yang diperlukan di dalam Kumbung Jamur Tiram Putih.?

Suhu antara 22 sampai dengan 30 derajat celcius. Kelembaban antara 60 sampai 80 persen. Untuk menjaga suhu dan kelembaban dengan cara menyiramkan air ke lantai tanah dan mengkabutkan ruangan dengan penyemprot air dengan butiran air yang halus. Cek ruangan dengan menggunakan thermometer dan hygrometer. Kedua alat tersebut bisa didapat di toko pertanian, aksesoris mobil atau alat kesehatan.

Berapa luas Kumbung Jamur Tiram Putih yang diperlukan untuk 4000 baglog?

Minimal 40m persegi. Atap tinggi kurang lebih 3m. Dengan asumsi 1 rak tinggi minimal 200 cm, jarak antar rak minimal 80 cm. Jarak antar rak berguna untuk keluar masuk, mengkabutkan ruangan dan memetik Jamur Tiram Putih.

Bahan apa yang digunakan untuk membuat Kumbung Jamur Tiram Putih.?

Sebaiknya menggunakan bambu, bilik dan atap daun Kiray/Alang-alang. Selain menekan biaya juga bahan-bahan tersebut mampu menahan panas. Atap asbes juga bisa digunakan asalkan mempunyai jarak yang lebih tinggi dan mempunyai sirkulasi udara yang cukup.

Untuk lantai sebaiknya menggunakan apa?

Lantai di atas rak sebaiknya tanah saja. Tanah berguna untuk menjaga suhu dan kelembaban. Jalan untuk lalu lintas diberi batu bata/diplester.

Bagaimana langkah-langkah untuk mensterilkan Kumbung Jamur Tiram Putih.?

Bersihkan area yang akan dijadikan Kumbung Jamur Tiram Putih. Hindari area bekas rayap, taburi dengan Kapur tanah di area Kumbung Jamur Tiram Putih. Cipratkan air Kapur ke dinding dan rak.

Apakah Kumbung Jamur Tiram Putih harus gelap atau ada cahaya?

Pada masa inkubasi atau penyebaran miselium, ditandakan dengan berubah warna baglog menjadi putih, Kumbung harus gelap. Sesudah selesai masa inkubasi dan dibukanya tutup baglog, Kumbung perlu cahaya sekitar 20%, cahaya diperlukan untuk membentuk tubuh Jamur Tiram Putih.

Di mana lokasi Kumbung Sugih Makmur?

Silahkan lihat peta ini: http://wikimapia.org/11989066/id/Jamur-Tiram-Putih-Kumbung-Agro-Sugih-Makmur

Baglog

Berapa lama masa inkubasi baglog?

Kurang lebih 40-60 hari. Sampai kira-kira miselium menutupi seluruh baglog.

 

Berapa hari tumbuh Jamur Tiram Putih?

Sesudah tutup baglog dibuka, kira-kira butuh waktu seminggu untuk muncul tunas Jamur Tiram Putih. Dari tunas sampai siap panen kira-kira perlu waktu 3 hari.

Berapa rata-rata berat Jamur Tiram Putih per baglog?

Pertama kali tumbuh beratnya rata-rata 150 sampai dengan 200 gram.

Berapa berat baglog yang ideal?

Karena sifat jamur tidak dapat berfoto sintesa untuk mengolah/mencari makanan, maka hal penting yang harus diperhatikan dari baglog adalah kandungan nutrisinya, semakin berat baglog semakin banyak nutrisinya. Baglog yang dijual Agro Sugih Makmur seberat kira-kira 1,4 kilo gram. Tidak seperti baglog yang lain yang beratnya hanya 700 - 1000 gram.

Berapa kali satu baglog bisa panen?

Satu baglog minimal 4 kali. Dengan tehnik tertentu bisa sampai 5 atau 6 kali.

 

Siklus Hidup Jamur Tiram Putih

Berikut ini adalah ringkasan siklus hidup dari Jamur Tiram Putih. Suatu Jamur Tiram Putih dewasa mempunyai bilah-bilah atau sekat-sekat yang jumlahnya banyak. Di dalam bilah-bilah tersebut terdapat bagian yang disebut Basidia. Di ujung Basidia terdapat kantung yang berisi banyak spora atau disebut juga Basidiospore. Fungsi Spora adalah untuk berkembang biak. Untuk membuat bibit induk atau F1, diambil bagian bawah tudung ini dengan ukuran 3 mili persegi yang dimasukan ke dalam cawan petri/tabung reaksi yang berisi PDA.

Setelah Spora-spora dilepaskan ke suatu media, selanjutnya akan terbentuk miselium,yaitu suatu jaringan sambung menyambung berwarna putih. Tahap selanjutnya miselium akan terbentuk sampai menjadi miselium dewasa. Selanjutnya akan terbentuk bakal Jamur Tiram Putih. Setelah menjadi dewasa, Jamur sudah dapat dipanen atau dipersiapkan kembali untuk menjadi bibit induk.

 

Tabel Perbandingan Jenis Jamur Tiram Putih, Coklat dan Abu-abu

Jenis Jamur Tiram       Putih                Coklat              Abu-Abu

Rumpun                       Cukup Banyak       Sangat Sedikit       Sangat Banyak

Percabangan               Cukup Banyak          -                          Sedikit

Tudung                         Tipis                       Lebih Tebal           Tebal

Daya Simpan                Lama                       Lebih Lama          Paling Pendek

 

Supplier Baglog Jamur Tiram Putih area Bogor, Cibinong, Ciampea, Leuwiliang, Jasinga, Depok dan sekitarnya

Agro Sugih Makmur siap melayani pemesanan baglog Jamur Tiram Putih untuk area sekitar Bogor, Cibinong, Ciampea, Leuwiliang, Jasinga, Depok dan sekitarnya. Tersedia baglog dengan berat +- 1,4 kg. Baglog Jamur Tiram Putih yang dijual dalam kondisi telah ditumbuhi misellium/atau berwarna putih minimal 1/3 dari tinggi baglog. Dengan membeli baglog Jamur Tiram Putih yang sudah ditumbuhi misellium anda tinggal menunggu panen saja, tidak perlu takut resiko gagal tumbuh, karena Agro Sugih Makmur hanya akan mengirim baglog yang sudah ditumbuhi misellium saja. Minimum pembelian adalah 4000 baglog, karena ini adalah kapasitas untuk satu truk sekali jalan. Lokasi Kumbung lihat link ini :


Ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang baglog Jamur Tiram Putih Agro Sugih Makmur? Konsultasi bisnis Jamur Tiram Putih? Silahkan kirim email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. . Kontak person: Vian.