Tai Chi

Keseimbangan Yin dan Yang

Tai Chi Chuan merupakan seni beladiri, menggunakan kekuatan lawan untuk memukul diri mereka sendiri.

Secara ringkas gerak Tai Chi terdiri atas :

1. Shen naik ke Atas.

 

Agar shen naik ke atas kepala maka kepala harus tegak lurus dengan leher. jangan menggunakan tenaga, meski kepala dapat tegak karena jika menggunakan tenaga, darah dan chi tidak dapat mengalir lancar. Jadi, meski ada niat untuk membiarkan shen naik ke atas, jika dipaksakan, tidak akan ada shen yang naik dan kesegaran mental tidak didapat. Tanda bahwa shen sudah naik adalah adanya sensasi getaran ringan di sepanjang leher dan kepala bagian belakang hingga ke ubun-ubun bagi beberapa orang yang peka, dan untuk yang kurang peka  efek tenang dan segar yang dapat dirasakan.

Ditulis oleh Koh Lie

KONSEP TAI CHI

Dalam I-Ching ("Kitab Perubahan"), istilah Tai chi berarti "puncak yang agung" dan juga diartikan "kosmos". Dalam karya klasik Wang Zong Yue, "Treatise on Tai chi chuan", disebutkan: "Tai chi lahir dari kehampaan; ia menghasilkan gerak dan ketenangan, dan merupakan induk dari Yin dan Yang. Ketika bergerak, ia memisah; ketika tenang, ia menyatu."

Kata Tai Chi pertama kali ditemukan didalam “Kitab Perubahan” pada zaman dynasti Zhou. Disana dikatakan : “ Dimana ada Tai Chi disitu tercipta kedamaian dan harmoni antara positive dan negative” . Tai Chi sendiri berarti supremacy atau yang tertinggi, kemutlakan, ke-ekstreem-an dan keunikan. Tai Chi Quan mengambil nama dari implikasi dari superioritas. Tai Chi Quan menemukan namanya ketika seorang master Wushu sekuler dari Shanxi, master Wang Zongyue menggunakan phylosophy positive-negative dari Kitab Perubahan untuk menjelaskan prinsip2 dari Chuan.