Refleksi

Meridian syaraf tanganGaris garis refleksi

 

Di halaman lain sudah dikatakan bahwa ada 6 jalur saraf melewati tangan. Sedangkan 6 jalur lainnya melewati kaki. Yaitu jalur lever dan pancreas ada di ibu jari; Jalur lambung ada di jari kedua; Jalur empedu ada di jari keempat; Jalur kandung kencing ada di jari kelingking; Jalur ginjal ada di tengah telapak kaki. Memijat tangan ada keuntungannya, juga ada kekurangannya. Demikian juga memijat kaki. Karena kaki lebih banyak berhubungan dengan jantung sedangkan tangan banyak berhubungan dengan otak, maka sangat disarankan bahwa pemijatan dilakukan untuk kaki dan tangan agar bisa melengkapi kekurangan masing-masing.

Untuk tubuh kita, bahwa titik-titik saraf pada umumnya terletak di telapak tangan atau kaki, tentu ada maksudnya. Organ ujung tangan dan kaki adalah organ tubuh kita yang paling banyak bersentuan dengan benda sekeliling kita. Dengan demikian saraf-saraf yang ada akan banyak mendapatkan rangsangan Sehingga menjadi aktif. Hal ini bisa dilihat, bahwa mereka yang sering mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan tangannya, tidak mudah terkena penyakit. Secara tidak sadar ia seolah berolah raga sehingga daya tahan tubuhnya menjadi kuat. Sebaliknya bagi mereka yang pekerjaannya kurang menggunakan tangan dan jarinya, relatif mudah terkena penyakit.


Lingkaran sabit di kuku ibu jari berwarna merah muda - Peredaran darah pankreas kurang Peredaran darah pankreasLingkaran sabit di kukubaik.

Bila fungsi pankreas menurun, orang itu mudah lesu, bisa berkembang menjadi kengcing manis. Pijatlah titik Sau Sang     

Lambung.lambung lemahmelihat penyakit
Lambung lemah dikarenakan pencernakan dari lambung atau usus kurang baik. Dan penyakit yang ditimbulkan banyak macamnya. Walaupun penyebabnya banyak, namun umumnya dikarenakan makan terlalu cepat, belum selesai mengunyak sudah ditelan. Pijatlah daerah Chien-Li-San-Chen, agar membantu meningkatkan daya pencernakan. Lebik baik lagi bila ditambah memijit titik usus besar, titik San Chien dan titik He Kuk


Telapak tangan berbintik-bintik-- Peredaran darah kurang baik
.
telapak tangan
Jika tidak cepat diobati bisa menimbuklkan bermacam-macam penyakit.
Cara pengobatan yang terbaik untuk melancarkan peredaran darahnya ialah dengan berolah raga tolak angkat (push up)
   

Pijat refleksi (pijat penyembuhan) bertujuan memberikan rangsangan pada saraf yang berhubungan dengan organ tubuh yang mengalami gangguan/sakit. Dengan memberikan rangsangan pada saraf, system saraf akan mengaktifkan sistem kekebalan yang ada. Kekebalan ini bisa dengan pengaktifan kerja kelenjar penghasil hormon yang diperlukan.