pengeringanApakah mungkin mengeringkan labu botol dalam tiga hari? Padahal biasanya orang-orang menunggu sampai beberapa bulan agar labunya kering dan siap untuk dijadikan kerajinan tangan.  Jawabannya adalah: Ya ! Ini sangat mungkin dengan menggunakan dasar metode yang sama dalam pembersihan labu botol segar , dan ini langkah-langkah berikutnya: (Sumber Gourd Reserve)

1.    Cara ini hanya bisa digunakan bagi labu botol yang tidak utuh dan dipotong untuk digunakan sebagai mangkuk, boks bertutup atau yang lainnya.

2.    Sama seperti pada tulisan yang sebelumnya yaitu setelah bersih dari kulit langsung dimasukkan dalam oven. Pengecualiannya adalah: begitu cangkang berubah menjadi berwarna cokelat, biasanya dalam 1 – 2 hari, labu botol langsung dipotong sesuai kebutuhan.

3.    Dalam pemotongan ini harus berhati-hati, karena labu botol yang belum kering benar dagingnya akan berbentuk seperti bubur. Gunakan sendok serta siapkan wadah untuk menampung bagian dalam labu yang dikeluarkan yang mungkin agak berbau.

4.    Keluarkan semua daging labu dan benihnya. Bagian dalam labu sekitar benih akan terbungkus semacam selaput yang melekat pada pusat labu, dan dalam keadaan basah seperti kondisi saat ini adalah sulit untuk memegangnya  dan sering lepas. Sehingga dibutuhkan sedikit usaha  dengan memotongnya menggunakan alat sekrap dan kemudian mengeluarkannya. Setelah semua isi labu dikeluarkan, gunakan skraper untuk melepaskan daging yang masih melekat pada dinding dalam labu – kemudian setelah bersih cucilah kembali dengan air sampai bersih.

5.    Setelah semuanya bersih, kembalikan lagi ke dalam oven dengan suhu 175 – 200 derajat Fahrenheit. Selama kurang dari sehari labu botol akan kering, ditandai dengan bagian dalam labu yang kering dan krispi... dan ya, labu botol siap untuk digunakan!

Lengkap sudah 3 cara pengeringan labu botol: cara alami, cara pembusukan dan pengupasan buah segar dan kemudian dimasukkan oven. Pilihan di tangan Anda untuk menentukan mana yang akan dipakai untuk mengeringkan labu botol, yang penting - jangan lupa semua persyaratannya!

Sumber: labubotol.blogspot.com