Dun Afrika Selatan
 

 

Mendekati akhir tahun, banyak orang yang sudah merencanakan untuk berlibur. Segala rencana sudah siapkan. Walaupun berlibur itu menyenangkan, ada beberapa yang harus dihindari untuk tetap menjaga baik kerja jantung Anda.

Seperti dilansir foxnews, Selasa (4/12/12). Para peneliti mengatakan, mendekati liburan akhir tahun, banyak orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung, tiba-tiba saja jantung orang tersebut mengalami gangguan.

Istilah untuk kasus ini adalah 'Holiday Syndrome Heart'. Istilah ini diciptakan pada tahun 1970 setelah beberapa peneliti mendeteksi adanya kelainan jantung pada 24 peserta penelitian yang tidak satu pun memiliki riwayat penyakit tiba-tiba saja denyut jantung peserta tersebut menjadi kacau setelah diberi 'minuman' terlalu banyak.

"Desember adalah bulan dimana banyak orang yang terkena serangan jantung mendadak. Itu semua disebabkan sebagian dari mereka meminum minuman terlalu banyak selama pesta. Terutama di kalangan orang-orang yang sudah memiliki kondisi medis tapi nekat untuk 'minum' selama berpesta", kata seorang peneliti.

Efek dari 'minuman' itu adalah orang akan mengalami dehidrasi dan menguras banyak elektrolit yang diperlukan tubuh. Jantung dapat masuk ke dalam Fibrilasi Atrium (masalah dengan kecepatan irama jantung) dan yang terjadi adalah ruang atas hantung bergetar dan memungkinkan banyak darah masuk ke dalam hati.

Lebih lanjut peneliti mengatakan, "Setelah meminum banyak minuman, orang akan duduk untuk makan besar. Ini menyebabkan tekanan darah akan melonjak naik"

Hal seperti ini sangat berbahaya untuk sebagian orang yang belum tentu 'peminum', tetapi memilih untuk mencoba-coba minuman tersebut selama berlibur.

Makanya itu, para peneliti meminta kepada setiap orang yang akan mengisi akhir tahun dengan berlibur untuk menghindari terkena risiko seperti ini dengan cara menghindari makan berlebihan dan mencoba-coba untuk meminum minuman keras. 

 

Sumber:    liputan6.com