Penyakit jantung koroner merupakan jenis penyakit sebagai pembunuh terbanyak manusia didaratan eropa serta amerika,adikarenakan jenis makanan yang kebanyakan lemak. Dalam hal ini sistem sirkulasi darah berpusat di jantung berperan aktif didalamnya . Darah dari seluruh bagian tubuh yang miskin oksigen dan nutrisi mengalir masuk kedalam jantung melalui pembuluh vena. Penyakit jantung Koroner bisa menyerang siapa saja. Usia muda juga rentan terhadap penyakit yang satu ini. Penyebab penyakit jantung koroner adalah pola hidup manusia sekarang memang sarat akan kerapuhan. Padahal jantung adalah organ terpenting bagi pastinya seseorang bisa hidup.

Penyakit Jantung Koroner pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner), dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jarinrangan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll.,yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut.

Gejala penyakit jantung koroner untuk setiap orang biasa berbeda. Sebuah penyakit jantung koroner mungkin dimulai dengan rasa sakit yang tidak jelas, rasa tidak nyaman yang samar, atau rasa sesak dibagian tengah dada.

Gejala penyakit jantung koroner paling umum adalah

Angina, atau nyeri dada. Angina dapat digambarkan sebagai ketidaknyamanan, berat, tekanan, sakit, pembakaran, kepenuhan, meremas, atau perasaan nyeri di dada Anda.

 

Penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung. Untuk melakukannya, kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar jantung kita tetap sehat, apa yang harus dihindari dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Berhati-hatilah dengan penyakit ini dan kenali penyebab penyakit jantung koroner

Beberapa faktor resiko penyebab Penyakit Jantung Koroner :

  •     Umur : semakin tua semakin tinggi resiko terkena penyakit jantung koroner
  •     Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi merupakan penyebab penyakit jantung koroner utama
  •     Kadar Kolesterol HDL rendah merupakan penyebab penyakit jantung koroner utama
  •     Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
  •     Merokok
  •     Diabetes Mellituws
  •     Kegemukan
  •     Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga
  •     Kurang olah raga
  •     Stress


Cara mendeteksi Penyakit Jantung Koroner :
Beberapa pemeriksaan dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya Penyakit Jantung Koroner antar lain :

  •     ECG
  •     Treadmill
  •     Echokardiografi dan Arteriorgrafi Koroner


Tips Mencegah penyakit jantung koroner :

Pola makan yang sehat
Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Hindari pula makanan dengan kandungan gula tinggi seperti softdrink, misalnya. softdrink merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner diamerika dan eropa

Berhenti merokok
Di dalam bungkus rokok sudah dijelaskan bahwa “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”.

Hindari stress
Saat seseorang stress, tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.
   

Kurangi berat badan berlebih (obesitas)

Penyebab penyakit jantung koroner yang keempat ialah Obesitas memiliki risiko utama pembesaran atrium jantung kiri. Pembesaran jantung ini nantinya akan meningkatkan detak jantung tidak normal, stroke, dan kematian.
   

Trombosis.

Penyebab penyakit jantung coroner yang terakhir ialah Trombosis. Trombosis adalah gumpalan darah pada arteri atau vena. Bila trombosis terjadi pada pembuluh arteri koroner, maka Anda berisiko terkena penyakit jantung koroner. Trombosis biasanya berada pada dinding pembuluh yang menebal karena aterosklerosis. Merokok meningkatkan risiko trombosis hingga beberapa kali lipat. Dan masih banyak lagi penyebab penyakit jantung koroner diluar sana.