daging kambingJangan makan daging kambing, nanti bisa darah tinggi” Kira-kira begitulah kebanyakan orang mengatakan pada mereka yang sudah tua untuk menghindari makan daging kambing. Mengapa daging sapi atau daging ayam tidak pernah disebut-sebut kebanyakan orang sebagai penyebab hipertensi ? Bagaimanakah kandungan gizinya?

Sebenarnya mitos mengenai daging kambing yang dapat menyebabkan hipertensi telah banyak diklarifikasi. Proses terjadinya hipertensi membutuhkan waktu lama, dan hal ini tidak hanya disebabkan oleh daging kambing saja. Daging dari jenis lain pun dapat menyebabkan hipertensi, dikarenakan kolesterol yang dikandungnya. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan ditambah lagi seseorang tidak pernah berolahraga dan sedikit konsumsi sayur akan semakin meningkatkan resiko terjadinya hipertensi.

kolesterolJika seseorang memang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah, hal ini dalam waktu lama akan menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah. Lama-kelamaan plak ini semakin besar sehingga mengurangi elastisitas dari pembuluh darah ditambah lagi terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga terjadi peningkatan resistensi pembuluh darah. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa salah satu faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya hipertensi adalah resistensi atau tahanan pembuluh darah yang semakin tinggi. Jika resistensinya makin tinggi maka hal ini dapat meyebabkan hipertensi akibat dibutuhkan aliran darah yang lebih kuat untuk melewati pembuluh darah tersebut. Bayangkan saja jika sebuah pipa yang kemudian diameternya menjadi lebih sempit pada beberapa bagian, maka dibutuhkan aliran air yang lebih tinggi untuk dapat melewatinya, sehingga tekanan yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi. Kira-kira begitulah bagaimana mekanisme seseorang dikatakan mengkonsumsi daging dapat mengalami hipertensi.


Namun, tidak hanya daging kambing saja yang harus dikurangi, daging lain pun juga jika seseorang memiliki resiko terjadinya hipertensi, karena kadar kolesterol dalam daging kambing tidak beda jauh dengan daging sapi maupun daging ayam. Memang hal yang paling benar untuk menghindari hipertensi dan peningkatan kadar kolesterol adalah banyak mengkonsumsi sayur dan buah, dan daging secukupnya jangan terlalu berlebihan.

Sumber:  medicalera.com