Dun Afrika Selatan

 

Saat ini banyak produk yang menawarkan suplemen, makanan atau perawatan tubuh untuk anti aging. Apakah yang dimaksud anti aging itu sendiri? Anti Aging dipercaya bisa memperlambat proses penuaan dini baik itu penuaan secara tampilan luar maupun penuaan organ dalam tubuh yang mengakibatkan masalah kesehatan.

Sebenarnya penuaan adalah hal alami yang akan dialami oleh setiap orang dan tidak ada cara apapun yang dapat menghambat proses tersebut. Namun bila penuaan terjadi karena salah pengaturan pola makan tentu bukanlah hal yang diinginkan setiap orang. Seringkali orang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya karena diet yang salah. Walaupun demikian penuaan dini bisa dicegah dengan melakukan diet anti aging. Dengan melakukan diet anti aging tubuh akan keliatan awet muda dari pada usia yang sebenarnya baik secara tampilan luar tubuh maupun didalam tubuh.

Diet Anti Aging : Pengaturan Makanan

Diet anti aging sebenarnya adalah pemilihan dan pengaturan asupan yang kita konsumsi sehari-hari untuk meningkatkan kualitas hidup sehingga kesehatan menjadi lebih baik dan kelihatan muda lebih lama. Lalu bagaimana cara melakukan diet anti aging? Berikut ulasannya :

Menghitung Kualitas Makanan

Kualitas makanan yang buruk, seperti lemak trans, menyebabkan peradangan dan penuaan yang pada dasarnya adalah kondisi inflamasi kronis. Misalnya, terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan dalam diet dapat menyebabkan produksi dari apa yang disebut AGE (Advanced Glycation End Product) yaitu reaksi kimiawi yang terjadi dalam tubuh yang berkaitan zat gula pada makanan yang dikonsumsi. Reaksi ini berkaitan dengan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes, selain itu juga merusak kolagen dan kekenyalan kulit Anda

Kualitas makanan yang buruk bukan saja merusak penampilan Anda. Pemilihan makanan yang buruk akan menyebabkan peradangan atau menyumbat arteri Anda, atau menambah berat badan dan memberikan dampak yang buruk dari kepala sampai kaki.

Pembatasan Makanan

Berikut adalah lima contoh makanan yang harus dibatasi jika Anda ingin awet muda

Keripik kentang dan kentang goreng.

Apa pun yang digoreng dalam minyak yang sarat dengan lemak trans, yang mempunyai kontribusi terhadap peradangan di seluruh tubuh. Anda harus membatasi konsumsi lemak trans kurang dari 1% dalam konsumsi harian Anda.

Donat dan kue-kue manis.

Makanan ini makanan yang tinggi lemak trans dan sarat gula, yang juga terkait dengan peradangan. Makanan yang tinggi kadar gula dan lemak trans juga membuat kulit menjadi kering dan mudah keriput.

Daging Olahan

Daging olahan seperti nugget, sosis, bacon, dan burger sangat tinggi lemak jenuh dan juga mengandung nitrat, yang keduanya berkontribusi terhadap proses inflamasi.

Daging Merah

Kurangi porsi konsumsi daging merah. Konsumsilah dalam porsi yang kecil dan pilihlah daging yang tanpa lemak untuk dikonsumsi.

Diet Anti Aging : Jenis Makanan dan Nutrisinya

Mengonsumsi makanan berkualitas tinggi dapat mengurangi peradangan, dan membantu penampilan Anda agar kelihatan lebih muda. Dari beberapa strategi diet yang terbaik yaitu diet gaya Mediterania yang mengurangi risiko sejumlah penyakit yang berhubungan dengan penuaan, seperti kanker, Alzheimer, dan penyakit jantung.

Beberapa teori mengatakan bahwa makanan yang sangat tinggi antioksidan bisa membantu memperlambat proses penuaan. Diet Mediterania dengan gaya tradisional kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu rendah lemak, dan protein yang merupakan pilihan terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Berikut daftar lima makanan yang merupakan elemen penting dari diet Mediterania:

Selada Hijau – Tinggi vitamin A dan C, antioksidan vitamin yang membantu mencegah peradangan. Selain berdaun hijau gelap juga kaya akan antioksidan seperti brokoli, bayam, dan selada air

Tomat – Tomat mempunyai manfaat yang sama dengan semangka, jeruk, jambu biji, asparagus, dan kubis merah, dan tomat sangat tinggi dalam antioksidan lycopene.

Salmon – Ikan ini mempunyai nilai gizi yang sama dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan tuna dan ikan haring, salmon mengandung asam lemak omega-3 asam, yang melawan peradangan.

Lentil dan Kacang-kacangan – mengandung serat dan vitamin antioksidan. Cobalah kacang hitam, kacang polong dan kacang oven yang bebas minyak. Kulit Anda pada dasarnya terbuat dari protein, jadi jika Anda tidak mendapatkan cukup protein dalam diet sehat Anda, akan terlihat pada kulit Anda.

Oatmeal - Studi telah menemukan bahwa biji-bijian seperti oatmeal, roti gandum, pasta gandum, dan beras merah membantu mengurangi peradangan. Makanan ini juga mengandung vitamin B di dalamnya, seperti tiamin, dan riboflavin, yang penting untuk kulit juga, Kekurangan gizi vitamin ini akan menyebabkan ruam dan penampilan kulit bersisik.

Anda harus tetap mengkonsumsi makan sehat agar kulit kelihatan indah sepanjang waktu. Untuk memiliki kulit yang indah, tubuh perlu mengkonsumsi vitamin, nutrisi, fitonutrien, lemak sehat, dan protein secara reguler. Jika Anda tidak mendapatkan cukup asupan vitamin yang baik secara teratur, maka kulit tidak akan mampu menghasilkan sel-sel kulit baru yang sehat.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal diet anti aging harus menjadi gaya hidup sehari-hari bukan hanya untuk waktu-waktu tertentu saja. Karena dengan melakukan diet anti aging dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya awet muda yang didapatkan namun juga peningkatan kesehatan tubuh.

 

Sumber:  artikelkesehatanwanita.com