Dun Afrika Selatan

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Kondisi ini semakin buruk setelah tinjauan sebuah penelitian menunjukkan diabetes meningkatkan risiko kecacatan hingga 80 %.

Hal ini dikatakan oleh sebuah penelitian yang mengumpulkan hasil dari 26 studi sebelumnya, dan menemukan orang-orang dengan penyakit diabetes hampir 50 % sampai 80 % lebih mungkin menjadi cacat fisik dibandingkan oranh yang tidak diabetes.

Lebih lanjut, jauh lebih umum tidak ada perbedaan yang dibuat dalam penelitian di antara diabetes tipe 1 dan tipe 2. Namun, sebagian besar penelitian melibatkan orangtua berusia di atas 65 tahun dan kemungkinan memiliki diabetes tipe 2.

Sementara, menurut Dr. Anna Peeters dari The Baker IDI Heart and Diabetes Institute Melbourne, cacat didefinisikan sebagai gangguan mobilitas dan ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas normal, seperti mandi, makan, berbelanja, atau berkendara.

“Alasan mengapa diabetes berhubungan dengan cacat fisik masih belum jelas, walaupun beberapa mekanisme telah diusulkan. Ada kemungkinan bahwa konsentrasi glukosa darah tinggi yang dialami  penderita diabetes mungkin menyebabkan peradangan otot kronis. Kemudian, pada akhirnya mengakibatkan cacat fisik,” jelas Dr Anna Peeters, yang dikutip Standard.

Namun, ia juga menambahkan, komplikasi yang berhubungan dengan diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, dan ginjal juga bisa menyebabkan kecacatan.

 

Sumber: okezone.com