Dun Afrika Selatan

menu diabetesDiabetes bukan hanya terjadi pada orang dewasa. Penyakit yang tidak bisa disembuhkan ini juga banyak menyerang anak-anak. Dan mengontrol pola makan pada anak penderita diabetes jauh lebih sulit.
 
Mengontrol konsumsi makanan dan minuman pada anak penderita diabetes adalah sebuah tantangan yang berat dibanding mengendalikan diabetes ada orang dewasa. Diet adalah metode dasar mengendalikan diabetes. Dengan menerapkan beberapa konsep dasar, Anda dan anak dapat merencanakan makanan dan menghindari situasi yang tidak aman. Berikut ini rencana pola makan yang bisa Anda terapkan seperti yang dilansir Healthmeup.
 
1. Waktu makan anak harus sehat dan menyenangkan. Anda harus memastikan anak Anda mendapatkan makanan dengan gizi tepat seimbang dari karbohidrat, protein, dan lemak.
 
2. Rencakan jam makan utama dan camilan secara konsisten setiap hari. Misalnya, anak harus mendapat sarapannya setiap pukul 07.00 dan siapkan camilan setiap pukul 09.00.
 
3. Berikan asupan karbohidrat yang tinggi serat seperti dari biji-bijian. Berikan juga jus buah segar minimal satu porsi setiap hari, jus jeruk bisa menjadi pilihan mudah bagi Anda.
 
4. Sertakan sayuran yang berwarna gelap seperti brokoli, atau yang berwaran kuning gelap, seperti paprika dan sayuran berdaun hijau.
 
5 Lengkapi dengan susu dan produk susu rendah lemak. Juga daging yang sudah dibersihkan dari lemak.
 
Jika anak pergi kesebuah pesta atau acara yang mengharuskan dirinya makan makanan di sana, Anda bisa melatih anak untuk tetap menjaga diet sehatnya. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan makan sehat, sehingga anak Anda terbiasa untuk memilih makanan yang tepat baginya. Menghindari makanan manis seperti permen adalah hal mutlak yang harus Anda tanamkan pada anak dengan diabetes.

 

Sumber:      health.okezone.com