Dun Afrika Selatan

obersitas diabetesSeringkali dikaitkan dengan banyak penyakit yang cukup berbahaya, misalnya saja obesitas. Apakah ini berarti setiap orang yang memiliki kelebihan berat badan dan obesitas berada pada risiko diabetes?
 
Sekira 80 sampai 90 persen orang dengan obesitas mengalami diabetes tipe 2. Adapun anak-anak yang mengalami obesitas bisa juga terkena risiko diabetes tipe 1. Dalam diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel yang memproduksi insulin dari pankreas.
 
Orang dengan diabetes tipe 1 gula tidak berpindah pada sel, sehingga gula terbangun dalam darah yang menyebabkan sel kekurangan nutrisi dan energi untuk fungsi tubuh sehari-hari, demikian yang dilansir Healthmeup.
 
Kadar gula yang tinggi memang dapat menyebabkan penderita mengalami dehidrasi karena banyak mengeluarkan air kencing. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan akibat kehilangan kalori.
 
Sementara obesitas dengan diabetes tipe 2 terjadi karena tidak adanya insulin yang memadai. Gaya hidup, keturunan, dan obesitas menjadi faktor utama. Pasien dengan diabetes tipe 2 umumnya diberikan insulin suntik.

 

Sumber: okzone.com