Dun Afrika Selatan

 

Selain diturunkan secara genetik, beberapa penyakit ini juga disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Diabetes misalnya. Tingginya kadar gula dalam tubuh ini sebenarnya dapat diatur dengan mengubah pola makan. Anda cukup menambahkan sedikit rempah pada menu hidangan. Tidak hanya diabetes, beberapa gangguan kesehatan lain juga dapat diatasi hanya dari "dapur".

Kunyit 

Bagi Anda yang memiliki masalah diabetes, disarankan untuk lebih mengakrabkan diri dengan berbagai menu masakan India dan Afrika yang banyak menggunakan bumbu kunyit. Rempah kuning dengan sedikit rasa pedas ini dapat membantu mengatasi masalah diabetes. 

Menurut para peneliti di Thailand Srinakharinwirot University, menambahkan setidaknya satu sendok teh kunyit pada menu diet, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 50 persen. Kandungan kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu pankreas memproduksi insulin. 

"Anda cukup menambahkan kunyit pada masakan favorit Anda, seperti ayam, ikan, sayur,daging sapi, dan hidangan lain," papar ahli nutrisi, Nancy K. Lonsdorf, MD. 

Jahe 

"Di India, jahe dianggap sebagai obat universal. Mereka menggunakan jahe untuk membantu menyembuhkan hampir semua rasa sakit, termasuk sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi dan cedera punggung," jelas Lonsdorf. 

Jahe ini memiliki senyawa yang dapat meningkatkan endorphin untuk meredakan rasa sakit. Selain itu juga mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah sehingga Anda dapat lebih rileks dan bebas dari ketegangan otot. 

Menurut penelitian dari University of Miami, irisan jahe yang dicampurkan dalam minuman, efektif mengatasi nyeri hingga 63 persen, dalam waktu dua minggu. 

Bawang putih

Bumbu dapur ini bahkan sudah banyak dipasarkan dalam bentuk kemasan botol. Khasiatnya, mengurangi resiko infeksi yang disebabkan virus dan bakteri. The Garlic Information Centre di Battle, East Sussex pun mengungkapkan jika rempah beraroma khas ini mengandung sekitar 33 macam senyawa sulfur yang dibutuhkan untuk meningkatkan imun tubuh. 

Kayu manis

Beruntung bagi Anda yang menggemari rasa kayu manis. Rempah yang sering digunakan sebagai taburan beberapa jenis minuman dan roti ini ternyata dapat memperlambat penyerapan gula dan karbohidrat dalam usus kecil. Setengah sendok tee kayu manis, dapat meningkatkan kontrol gula darah sebesar 29 persen, dan juga mengurangi rasa lelah.

 

Sumber: life.viva.co.id