Dun Afrika Selatan

 

Peneliti menemukan bahwa diet yang berbasis pada tumbuh-tumbuhan bisa membantu penderita diabetes tipe-1 untuk meningkatkan kesehatan mereka. Times of India (11/09) memberikan panduan untuk melakukan diet selama tiga minggu bagi penderita diabetes tipe-1, berikut ini.

1. Mulai dengan diet ala vegetarian
Diet vegetarian tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali. Tak ada daging merah, ayam, babi, ikan, produk susu, atau telur. Produk hewani seringkali mengandung lemak yang berkaitan dengan penyakit jantung, ketahanan insulin, dan memicu kanker tertentu. Produk hewani juga mengandung kolesterol, dan protein hewan. Diet yang berbasis pada produk hewani juga mampu menyebabkan masalah ginjal dan kehilangan kalsium. Semua protein yang dibutuhkan oleh penderita diabetes bisa didapatkan melalui gandum utuh, kacang-kacangan, dan sayuran.

2. Hindari minyak sayur dan makanan berlemak
Meski minyak sayur lebih sehat dibandingkan lemak hewani, penderita diabetes tetap harus berhati-hati ketika mengonsumsinya. Semua minyak dan lemak biasanya mengandung kalori tinggi. Satu gram minyak mengandung sembilan kalori, dibandingkan satu gram karbohidrat yang hanya mengandung empat kalori. Hindari makanan berminyak atau gorengan. Batasi penggunaan mentega, zaitun, alpukat, dan kacang tanah. Baca label makanan sebelum mengonsumsinya. Pilih makanan yang hanya memiliki 2 - 3 gram lemak per sajian.

3. Pilih makanan kaya serat
Konsumsi setidaknya 40 mg serat setiap hari. Pilih kacang-kacangan, sayuran, buah, dan gandum utuh. Konsumsi setidaknya 3 gram serat per sajian dan 10 - 15 gram per porsi makanan. Mulailah perlahan, biasakan aktivitas lambung Anda terlebih dahulu.

4. Fokus pada empat kelompok makanan
Pilih empat kelompok makanan, seperti gandum utuh, kacang-kacangan, buah, dan sayuran. Gunakan beberapa tambahan yang mengandung lemak seperti dressing salad dan kacang tanah dengan terbatas.

Itulah beberapa panduan diet bagi Anda yang menderita diabetes tipe-1. Diet yang aman akan membantu Anda mengatasi penyakit diabetes dan menjadi lebih sehat.

 

Sumber:  merdeka.com