Dun Afrika Selatan

Penderita diabetes makin tahun makin meningkat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dari segala jenis usia dan jenis kelamin bisa mengalami kondisi ini. Jika orang sudah terkena diabetes, lalu apa yang terjadi pada tubuhnya?

Bila Anda menderita diabetes, kadar gula dan glukosa dalam tubuh akan meningkatkan aliran darah. Tingkat insulin menurun dalam tubuh karena pankreas (organ yang memproduksi insulin) tidak berfungsi dengan baik.

Penderita diabetes juga mengalami banyak perubahan dalam tubuh, seperti dilansir boldsky, Jumat (7/9/2012):

1. Tekanan darah tinggi

Diabetes langsung atau tidak langsung mempengaruhi tingkat tekanan darah. Penderita diabetes biasanya selalu diperiksa dengan tekanan darah tinggi karena aterosklerosis atau arteri darah mengeras dan mengental. Hipertensi juga salah satu penyebab diabetes. Karena hipertensi penyakit jantung pun meningkat. Itulah sebabnya, banyak penderita diabetes yang menderita serangan jantung atau stroke.

2. Rambut rontok

Setelah terdeteksi diabetes, banyak penderita yang mengalami kerontokan rambut. Kecemasan yang berlebihan, stres dan aliran darah yang buruk dalam tubuh, dapat meningkatkan kemungkinan rambut rontok. Bahkan obat yang diresepkan juga mempengaruhi pertumbuhan rambut dan melemahkan akar rambut. Jika Anda tidak terdeteksi diabetes, rambut rontok berlebihan, kelelahan, iritasi kulit bisa menjadi gejala beberapa penyakit.

3. Buang air kecil berlebihan

Penderita diabetes merasa lebih haus, itulah sebabnya ia minum banyak air dan sering buang air kecil. Juga ketika ada kenaikan yang tinggi gula darah atau tingkat glukosa tubuh, penderita diabetes harus mengunjungi toilet sangat sering.

Gula dalam aliran darah meningkatkan osmolalitas darah. Hal ini cenderung menarik lebih banyak cairan keluar dari jaringan ke dalam ginjal. Karena kelebihan cairan di ginjal, sering buang air kecil adalah masalah yang penderita diabetes hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencegah dehidrasi, penderita diabetes minum banyak air yang meningkatkan produksi urine dalam kandung kemih.

4. Sering ngantuk

Penderita diabetes akan sering mengantuk sehabis makan. Karena asupan tinggi karbohidrat dan gula dalam makanan, penderita diabetes merasa lelah dan mengantuk. Kurangnya pasokan gula ke sel-sel darah (sumber energi), membuatnya merasa lelah dan malas. Juga kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes adalah salah satu penyebab di balik kantuk yang berlebihan.

5. Penglihatan kabur

Juga dikenal dengan diabetic retinopathy, adalah suatu kondisi ketika penglihatan menjadi tidak jelas pada penderita diabetes. Penglihatan kabur pada penderita diabetes terjadi jika kadar glukosa darah tinggi tidak diobati, tekanan darah sangat tinggi, serta pembengkakan pembuluh darah.

 

Sumber: health.detik.com