User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

prostatPeneliti di Mayo CLinic, Florida berhasil mengidentifikasi enzim yang berkaitan dengan kanker prostat agresif. Kini mereka mengembangkan senyawa yang mampu membatasi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Molecular Cancer Research ini merupakan penelitian pertama yang mengaitkan enzim PRSS3 dengan kanker prostat.

"Molekul ini mampu menelan molekul lain. Data kami menunjukkan bahwa aktivitas PRSS3 memberikan perubahan pada lingkungan di sekitar sel kanker prostat. Kemungkinan besar enzim ini membebaskan sel kanker dari jaringan sekitarnya dan membuat sel kanker semakin ganas," ungkap peneliti Evette Radisky, seperti dilansir oleh Thirdage (18/12).

Penemuan tersebut didapatkan melalui pengamatan data yang dari berbagai penelitian klinis. Sebelumnya tim peneliti ini menemukan hubungan antara molekul protease dan tahap awal kanker payudara. Kemudian mereka ingin melihat efeknya pada jenis kanker lainnya.

"Kaitan antara aktivitas PRSS3 dan kanker prostat yang agresif berhasil kami ketahui," ungkap Radisky. "Kami menemukan bahwa peningkatan aktivitas PRSS3 memicu keganasan sel kanker prostat. Namun senyawa yang kami berikan mampu menghambatnya."

 

Sumber:  merdeka.com