User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

kanker lambungKANKER lambung dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ di dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut gejala dan penanganan kanker lambung.

 
Pada umumnya, gejala awal kanker lambung terasa seperti gangguan pencernaan biasa sehingga banyak yang menyepelekan penyakit tersebut. Menurut Dr. Miriam Stoppard, gejala yang muncul jika seseorang terkena kanker lambung seperti rasa tidak nyaman pada perut bagian atas, nyeri ulu hati, nafsu makan hilang, tinja berwarna hitam, dan penurunan berat badan.
 
“Jika nyeri lambung tidak mereda dengan obat maag dan berlangsung dalam jangka waktu lama, itu merupakan gejala awal dari kanker lambung,” katanya, sebagaimana dilansir buku Panduan Kesehatan Keluarga.
 
Untuk menanganinya, Dr. Miriam mengungkapkan, pengangkatan tumor melalui tindakan medis merupakan cara yang sangat tepat. Namun, terlebih dahulu dokter harus melakukan endoskopi, yaitu melakukan pemeriksaan lapisan pada lambung dengan selang pengintai tipis dan lentur yang dimasukkan melalui mulut.
 
“Tetapi pengangkatan tumor hanya cocok bagi satu  dari lima kasus karena pada kasus lain, kanker telah menyebar luas sehingga tidak dapat dioperasi,” tambahnya.
 
Setelah melakukan operasi, penderita kanker lambung harus menjalani radioterapi dan kemoterapi untuk memperlambat perjalanan penyakit dan meredakan nyeri akibat peradagaan pasca-operasi.

 

Sumber: okezone.com