User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Metode pengobatan kanker yang disebut dengan chemo-bath sudah diberikan kepada para pasien di Inggris.

Dengan metode ini maka obat kanker diarahkan kepada salah satu organ tubuh saja sehingga bisa mencegah efek samping.

Untuk pertama kalinya, dua pasien penderita kanker hati mendapat perawatan yang diarahkan hanya pada hati mereka. Kedua pasien awalnya menderita kanker mata yang tergolong langka namun sudah menyebar ke hati.

Sebelumnya obat-obatan kemoterapi untuk kanker memang berhasil mematikan sel-sel yanmg berkembang pesat sebagai kanker namun pada saat bersamaan juga merusak sel yang sehat.

Para dokter di Rumah Sakit Umum Southampton memgatakan bahwa metode chemo-bath juga memungkinkan mereka untuk memberi dosis yang lebih besar tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut dalam tubuh pasien.

Dengan pengobatan yang tersedia selama ini -yang diinjeksi lewat urat nadi- pasien menderita dampak sampingan seperti kelelahan, rambut yang gugur, maupun kemandulan.

Dua pasien yang mendapat perawatan dengan chemo-bath menjalani operasi dengan memompa balon pada pembuluh darah di kedua sisi hati untuk menutupnya dari bagian tubuh lain.

Hati yang sudah disiolasi itu kemudian mendapat obat kemoterapi, yang kemudian disaring sebelum hati dihubungkan kembali dengan pasokan darah utama

Dengan demikian hanya sebaguan kecil dosis obat yang menyebar ke bagian tubuh lain.

Dr Brian Stedman -salah seorang konsultan radiologis yang ikut dalam pengobatan- mengatakan operasi berlangsung dalam waktu tiga bulan terakhir dan kedua oasien berada dalam keadaan baik dengan tumor yang tampak lebih kecil.

"Memutus sebuah organ dari tubuh selama 60 menit, membanjirinya dengan dosis tinggi obat dan menyaring darah menjadi nyaris bersih sama sekali sebelum dikembalikan merupakan sebuah terobosan," tuturnya.

"Sebelumnya, kondisi para pasien -yang khususnya menderita kanker yang sudah menyebar ke hati- amat buruk karena standar dampak kemoterapi terbatasi oleh kerusakan yang tidak diinginkan yang diakibatkan obat ke bagian tubuh lain."

Dr Stedman menambahkan chemo-bath isa digunakan untuk semua organ bisa yang bisa dipisahkan dari pasokan darah seperti ginjal, paru-paru, dan pankreas.

Bagaimanapun dia mengingatkan bahwa metode tersebut masih pada tahap awal dan tidak yakin apakah sudah sebagai 'produk akhir' atau masih akan akan berkembang lagi.

Chemo-bath juga sudah diterapkan dalam tahap uji coba di Amerika Serikat dan beberapa kawasan Eropa lain.

 

Sumber: kompas.com