User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Kanker paru-paru sepertinya jarang diperhatikan oleh para wanita, terutama jika mereka tidak merokok. Padahal faktanya kanker paru-paru juga banyak menyerang wanita. Simak fakta mengejutkan lainnya tentang kanker paru-paru seperti yang dilansir dari GalTime berikut ini.

Menyerang wanita
Setelah kanker payudara, sebenarnya kanker paru-paru banyak menyerang para wanita di dunia. Kanker tersebut juga lebih umum ditemukan pada wanita daripada kanker usus besar, tiroid, ginjal, dan ovarium sejak tahun 2012.

Pembunuh paling umum
Daripada kanker payudara, kanker paru-paru rupanya lebih banyak membunuh para wanita di dunia. Sekitar 73.000 diprediksi meninggal akibat penyakit ini pada tahun 2012. Sementara kanker payudara hanya memakan korban meninggal 40.000 wanita.

Wanita dan pria
Kesempatan bertahan hidup lima tahun setelah diagnosis para penderita kanker paru-paru wanita hanya 19 persen. Namun para wanita masih tergolong lebih mampu bertahan hidup dibandingkan dengan penderita pria.

Banya wanita merokok
Sampai saat ini, setidaknya da 17 persen wanita dewasa yang aktif merokok. Padahal kebiasaan tersebut adalah pemicu utama kanker paru-paru. Semakin sering dan semakin lama wanita merokok, risiko pun akan bertambah besar.

Wanita non-perokok
Meskipun tidak merokok, wanita juga masih berisiko terkena kanker paru-paru. Penyebabnya? Menghirup terlalu banyak udara radon, polusi, dan senyawa karsinogen penyebab kanker lainnya.

Pasangan wanita
Jika Anda para wanita memiliki pasangan yang merokok, kesempatan Anda untuk terserang kanker paru-paru juga meningkat. Sebab sebuah penelitian membuktikan wanita yang tinggal dengan suami perokok meningkatkan risiko terserang kanker paru-paru sebesar 24 persen.

Kanker paru-paru dan kanker serviks
Kedua kanker tersebut diduga memiliki hubungan satu sama lain. Sebab human papillomavirus (HPV, penyebab kanker serviks) mungkin juga berperan dalam beberapa kasus kanker paru-paru. Meskipun dugaan tersebut tentunya masih harus dipastikan.

Itulah fakta mengejutkan tentang kanker paru-paru. Jagalah diri Anda dengan menjalani gaya hidup sehat untuk mencegahnya.

 

Sumber: merdeka.com