User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

50 Persen dari wanita dengan kanker payudara mungkin tidak perlu menjalani kemoterapi. Hal ini disampaikan oleh para spesialis kanker di Amerika.

Dr Julie Gralow dari Seattle Cancer Care Alliance, sebuah pusat perawatan berbasis akademik, mengatakan: "Selama 10 tahun terakhir, ahli onkologi merekomendasikan kemoterapi untuk semua wanita dengan stadium awal kanker payudara."

Faktanya, kemoterapi malah berdampak buruk untuk penderita kanker. Maka, beberapa rumah sakit pun mulai melakukan metode baru dalam mengobati kanker.

"Kami sedang mengajukan metode pengobatan baru untuk stadium awal kanker payudara. Pengobatan standar untuk kambuhnya kanker payudara adalah mastektomi tanpa radiasi. Terlalu banyak paparan radiasi dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan normal payudara," tandas Dr Janice Kim, seorang ahli onkologi radiasi payudara, kepada Thirdage, (12/10).

Metode baru yang dimaksud adalah prosedur lumpektomi, bedah umum yang dirancang untuk menghapus benjolan seperti tumor jinak atau kanker payudara. Jaringan yang diambil umumnya sangat terbatas dan prosedurnya relatif non-invasif dibandingkan dengan mastektomi.

 

Sumber:  merdeka.com