User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

seratKanker termasuk salah satu penyakit yang paling mengancam karena banyak sekali jenisnya dan dapat menyerang siapa saja. Cara terbaik mencegah kanker adalah dengan membentengi diri dengan antioksidan dan serat.

Antioksidan adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas penyebab pertumbuhan sel kanker. Radikal bebas mungkin juga berperan dalam penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

Antioksidan ini biasanya diperoleh dari konsumsi buah-buahan dan sayuran. Tetapi keberadaan serat pangan juga penting untuk mencegah kanker karena diketahui dapat media pengangkut antioksidan hingga mencapai usus besar.

Menurut penelitian terbaru, serat pangan tidak hanya melindungi usus, tetapi juga dapat mengoptimalkan manfaat antioksidan dalam mencegah kanker. Serat dapat mengikat polifenol, yaitu antioksidan penghambat kanker hingga 80 persen dari buah dan sayuran.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Queensland dan Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation menemukan bahwa serat dapat mengangkut nutrisi antioksidan ke usus serta memberikan perlindungan terhadap kanker, seperti kanker usus besar.

"Studi ini menggunakan wortel sebagai bahan penelitian karena mengandung 2 jenis antioksidan polifenol, yaitu antosianin dan asam fenolat," kata Anneline Padayachee, pemimpin penelitian, seperti dilansir health.india (Selasa, 16/10/2012).

Ketika peserta penelitian mengonsumsi wortel baik itu dengan cara dijus, dicampur dengan bubur, atau dimakan langsung, nutrisi antioksidan dalam wortel akan langsung diikat oleh serat sejak proses awal pencernaan, yaitu di lambung dan usus halus.

Dengan keberadaan serat, antioksidan yang terkandung dalam makanan yang Anda makan tidak akan terbuang begitu saja dan lebih maksimal dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ubahlah pola diet Anda untuk mendapatkan manfaat sehat serat terhadap antioksidan sebagai pencegah kanker dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat alami seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Anda juga dapat memilih buah dan sayur yang berserat tinggi seperti apel, buah beri, pisang, jagung, tomat dan sebagainya agar dapat memperoleh manfaat serat dan antioksidan sekaligus.

 

Sumber: detik.com