User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Pencegahan kanker payudara sebenarnya cukup sederhana dan efektif. Namun faktanya, kanker payudara setiap tahun masih menjadi pembunuh nomor satu penyakit di kalangan wanita. Bila tak ingin terserang, ada beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan.

Berikut beberapa tips perawatan kesehatan dasar tetapi penting untuk mencegah kanker payudara, seperti dilansir boldsky, Kamis (9/8/2012):

1. Kenali keturunan Anda

Telah terbukti dengan penelitian ilmiah bahwa kanker payudara memiliki faktor risiko dari riwayat keturunan. Gen 'kanker payudara' dapat diturunkan dari ibu ke anak dan nenek ke cucu. Gen ini lebih dominan di garis darah perempuan, yang berarti dari sisi ibu. Wanita yang memiliki gen ini harus lebih waspada dan pandai-pandai melakukan pencegahan ekstra.

2. Jangan memicu gen kanker

Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara, maka Anda harus benar-benar tidak boleh melakukan apapun yang dapat memicu gen resesif. Merokok sama saja bunuh diri, karena itu merupakan faktor yang dapat memicu gen kanker. Anda juga harus menghindari semua karsinogen baik itu makanan, plastik botol atau debu metal.

3. Deteksi dini

Ada tiga tahapan kanker payudara, yaitu tumor, nodal dan metastasis. Jika Anda dapat mendeteksi kanker payudara di stadium tumor, ketika itu hanya benjolan, maka kemungkinan untuk bertahan hidup adalah 90 persen.

Pada tahap nodal sudah terbentuk kelenjar getah bening dan metastasis adalah ketika kanker sudah menyebar. Masalahnya gejala kanker payudara sering tidak terlihat sampai masuk tahap nodal, di mana kemungkinan bertahan hidup turun hingga 50 persen dan setelah menyebar kemungkinan sangat suram.

4. Memeriksa payudara sendiri

Ini adalah satu-satunya cara yang terbukti dapat mendeteksi kanker payudara secara dini. Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) adalah melakukan beberapa hal berikut:

a. Perhatikan payudara dengan posisi kedua tangan di atas kepala kemudian kedua tangan di pinggang.

b. Angkat tangan kiri ke atas kepala.

c. Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara serta pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara. Pola yang digunakan bisa dengan gerakan arah memutar, gerakan arah naik dan turun atau arah keluar dan masuk area putting. Usahakan menggunakan gerakan yang sama setiap bulannya.

d. Menekan setiap putting dengan lembut dan memperhatikan apakah ada cairan yang keluar.

e. Memeriksa daerah antara payudara dan ketiak serta payudara dan tulang dada sambil berbaring.

f. Mengulangi semua langkah tersebut untuk payudara yang sebelah kanan.

 

Sumber:  health.detik.com