User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Untuk mengurangi risiko kanker, Anda bisa memulai dari makanan yang setiap hari Anda konsumsi.

Berikut ini adalah tiga makanan super yang memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, sebagaimana dikutip dari Health.com

Jenis sayuran bertulang, khususnya brokoli, mengandung sulforaphane atau enzim pelindung yang mampu melawan senyawa kimia penyebab kanker.

Bahkan baru-baru ini para ilmuwan dari University of Michigan, melakukan percobaan terhadap tikus dan menemukan bahwa sulforaphane juga menyerah sel stem kanker yang memicu tumbuhnya sel tumor.

Bahan pangan lain yang mengurangi risiko kanker adalah tomat.

Kepala bidang pencegahan dan perawatan penyakit kanker dari University of Quebec, Montreal, Richard Beliveau mengatakan likopen atau Likopen adalah senyawa fitokimia dari kelompok karotenoid yang banyak terdapat pada tomat terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrial.

Tomat yang dimasak memiliki manfaat lebih dibandingkan dengan tomat segar. Hal ini dikarenakan, proses memasak dapat meningkatkan jumlah likopen yang bisa diserap oleh tubuh manusia.

Bahan makanan lain yang mampu mengurangi risiko kanker adalah bawang putih. Phytochemicals yang terkandung di dalam bawang putih terbukti dapat menghentikan nitrosamines, sejenis zat pemicu kanker yang terbentuk di dalam perut.

Nitrosamines banyak ditemui terkandung di dalam nitrat yang merupakan zat pengawet makanan pada umumnya.

Sebuah penelitian di AS yang dilakukan oleh Iowa Women's Health Study, menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi bawang putih sebagai bahan panganan sehari-hari, berhasil mengurangi risiko terpapar kanker kolon hingga 50 persen dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi bawang putih.

 

Sumber:  antaranews.co