Dun Afrika Selatan

 

HIPERKOLESTEROLEMIA atau kolesterol tinggi banyak menyerang pria maupun wanita masa kini.

Sejumlah gejala yang biasanya muncul antara lain: sering sakit kepala, mudah lelah dan cepat mengantuk, rasa berat di tengkuk, hingga kesemutan. 

Jika demikian, berhati-hatilah. Anda mungkin perlu segera mengubah diet dan gaya hidup. Selain mengkonsumsi obat yang diresepkan, jagalah diet dan pola hidup untuk kesehatan jantung. 

Berikut delapan tips yang baik diterapkan dalam diet dan gaya hidup Anda:

1. Ingatlah untuk selalu menghindari kadar LDL tinggi atau kolesterol "buruk" dengan membatasi makanan berlemak jenuh. Sementara tetap menjaga kadar HDL atau kolesterol "baik". 

2. Cobalah untuk membatasi porsi setiap kali Anda makan. Gunakan sekepalan tangan untuk memperkirakan konsumsi seporsi daging atau ikan. Lakukan hal yang sama dengan semua jenis makanan di meja makan Anda.

3. Bolehlah Anda mengkosmumsi buah-buahan dan sayur dalam porsi besar karena membantu mengurangi kolesterol jahat. Ahli menyarankan antara lima sampai sembilan porsi sehari.

4. Usakan menu "ramah jantung" seperti ikan terhidang setiap hari. Ikan yang kaya asam lemak omega-3 trigliserida membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi pertumbuhan plak di arteri.

5. Oatmeal atau sereal gandum juga baiknya ada dalam menu sehari-hari. Karbohidrat dan serat yang terkandung membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi godaan untuk makan di antara waktu makan.

6. Cobalah kacang sebagai camilan, karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dosis tinggi.

7. Kemudian usahakan berolah raga secara rutin. Selain menjaga berat badan tubuh, latihan setengah jam lima hari seminggu membantu mengurangi kadar LDL, mencegah penyumbatan arteri dan serangan jantung atau stroke.

8. Cukupkan aktivitas Anda. Berkebun, berjalan santai, atau menaiki tangga, misalnya, menyehatkan sistem kardiovaskular.

 

Sumber: suaramerdeka.com